THE JOURNAL

#FromTheExpert: Tips Mengepak Carrier

#FromTheExpert: Tips Mengepak Carrier
  • SHARE
THE JOURNAL

#FromTheExpert: Tips Mengepak Carrier

  • SHARE

Words by : Andrew Jason Gunawan | Photos by : Yonatan Timotius | September 17, 2018

Cara mengepak carrier atau backpack saat mendaki gunung sangatlah menentukan kenyamanan perjalanan dan jumlah perlengkapan yang dibawa, berikut tipsnya.

Cara mengepak isi carrier dan memastikan segala keperluan esensial terbawa adalah hal dasar yang wajib dipahami buat pecinta dunia outdoor, tidak peduli seberapa singkat perjalanan atau pendakian yang ditempuh kita harus tetap optimal dalam hal persiapa, sehingga selalu siap untuk keadaan se-darurat apapun. Oleh karena itu berikut adalah prinsip-prinsip dasar dari mengepak carrier menurut Mai, representatif dari merek perlengkapan outdoor Kailas, Indonesia.

BAGIAN BAWAH CARRIER

Bagian bawah ini ditujukan untuk perlengkapan yang ukurannya besar dan berat, namun hanya perlu dikeluarkan dari carrier saat harus camp, misalnya seperti sleeping bag, sleeping pad, pakaian tidur yang panjang, atau sepatu saat nge-camp. Selain lebih seimbang, maksud dari penempatan ini juga untuk mengoptimalkan permukaan perlengkapan yang empuk sebagai semacam shock absorption.

Tenda berada di bagian bawah, karena baru akan terpakai disaat ingin bermalam

Untuk mempermudah pengambilan, idealnya memilih carrier yang memiliki resleting bagian bawah, sehingga perlengkapan bisa dimasukkan tanpa harus mengangkat perlengkapan yang diatasnya

BAGIAN TENGAH CARRIER

Bagian tengah atau dikenal juga dengan bagian core diperuntukkan untuk perlengkapan padat dan cukup berat seperti makanan (bukan snack), cookware, kompor mini, water bladder atau tempat air. Menjaga keseimbangan carrier saat dibawa merupakan alasan mengapa kamu perlu tetap menempatkan perlengkapan yang cukup berat pada bagian core.

Memilih perlengkapan yang maksimal fungsinya namun tidak memakan banyak tempat merupakan kunci dari perjalanan yang nyaman

Pastikan botol air atau apapun yang menyimpan cairan disimpan pada posisi rata agar isinya tidak tumpah dan membasahi seluruh isi carrier. Sedangkan untuk menyimpan tempat penyimpan air, batasi dengan perlengkapan yang empuk sehingga tidak tertekan oleh perlengkapan yang keras seperti tenda misalnya.

BAGIAN PUCUK (ATAS) CARRIER

Diperuntukkan untuk perlengkapan yang bakal digunakan cukup sering pada saat trail sehingga tak perlu repot bongkar carrier, misalnya snack, jaket, celana, jas hujan, kotak P3K, water filter (kalau ada), dan keperluan untuk buang air.

Bagian atas tas wajib dimaksimalkan untuk perlengkapan yang sering dipakai sepanjang perjalanan

KANTUNG AKSESORIS

Untuk hal-hal yang diperlukan cukup sering, kamu bisa menggunakan bagian carrier ini, misalnya untuk peta, kompas, GPS, sunglasses, balsem, headlamp, anti nyamuk, snack, botol air, dan dompet.

LASH POINTS

Bagian luar dari carrier ini bisa digunakan untuk membawa perlengkapan yang lebar atau panjangnya lebih besar dari carrier misalnya matras.

TOOL LOOPS

Bagian luar yang bisa dimasukkan perlengkapan seperti kapak, trekking pole, besi tenda atau alat lainnya yang bentuknya memanjang. Tetapi penggunaan area ini juga harus bijak, karena bila terlampau banyak malah akan membuat kamu repot, terutama saat harus melewati semak-semak, karena perlengkapan akan sering tersangkut.

Mayoritas carrier memiliki tool loops oleh karena itu maksimalkanlah

SECARA SINGKAT

Barang yang berat diletakkan dekat dengan punggung, sedangkan yang enteng, posisinya menjauh dari punggung. Dan tumpukan perlengkapan, mengurut dari perlengkapan yang berat dan jarang digunakan di bagian bawah sampai ke bagian atas, dimana perlengkapan yang lebih enteng dan lebih sering digunakan diletakkan.
Untuk mengetahui apakah cara mengepak kamu betul kamu harus merasakan kalau carrier seimbang dari satu sisi dengan sisi lainnya. Ciri pengepakan yang benar juga tercermin dari tidak adanya celah yang besar antara punggung dan carrier, karena bila itu terjadi maka bahu akan mudah pegal.
Bagaimana dengan suplai? Berikut kira-kira penampakannya berdasarkan durasi pendakian agar kamu tidak membawa persediaan berlebih atau kekurangan.

Perjalanan 1 hari tanpa menginap

Bila menginap selama semalam

Durasi camping selama sekitar 3 hari

BONUS: LANGKAH-LANGKAH MENGENAKAN CARRIER

  1. Tarik pegangan bagian atas carrier dan arahkan ke paha sebagai penyangga yang sudah membentuk sudut 45 derajat
  2. Tahan dan masukkan tangan ke sisi kanan carrier sembari tangan yang satunya lagi masih mencengkram pegangan bagian atas. Setelah seimbang masukkan satu tangan lagi, dilanjutkan dengan mengencangkan bagian pinggang. (Pada proses ini posture badan menunduk)
  3. Terakhir kencangkan bagian dada dan kamu sudah siap mendaki

Kancing semua penghubung agar beban barang bawaan dapat terdistribusi optimal

Pastikan bagian carrier menempel dengan bagian punggung

  • SHARE ON
Leave A Comment

    Shop The Product

    Kemudahan Berbelanja

    Freeshipping

    Gratis ongkos kirim untuk nilai transaksi lebih dari Rp 500.000,00 - Berlaku untuk daerah Jabodetabek

    Cicilan 0%

    Kemudahan melakukan transaksi dengan cicilan 0% dari berbagai macam bank dan perusahan finansial lainnya

    100K Voucher

    Dapatkan potongan sejumlah Rp 100.000,00 untuk transaksi pertama, dengan daftar menjadi member kami.