Get your run & training essential, disc up to 50% off : SHOP NOW
THE JOURNAL

#InConversationWith: Atlit Crossfit, Nike Trainer, dan Foodpreneur, Vanessa Budihardja

#InConversationWith: Atlit Crossfit, Nike Trainer, dan Foodpreneur, Vanessa Budihardja
  • SHARE
THE JOURNAL

#InConversationWith: Atlit Crossfit, Nike Trainer, dan Foodpreneur, Vanessa Budihardja

  • SHARE

Words by : Andrew Jason Gunawan | Photos by : Yonatan Timotius | June 26, 2018

Berkenalan dengan Vanessa Budihardja Nike trainer, pelatih Crossfit, dan foodpreneur PÜRA VÏDA

Vanessa Budihardja adalah seorang wanita dengan berbagai topi di kesehariannya, mulai menjalankan kesehariannya sebagai foodpreneur sampai melatih para kliennya sebagai personal trainer. Bila kamu pecinta crossfit atau indoor cycling, besar kemungkinan sosok yang melekat dengan Empire Fit, PÜRA VÏDA dan Ride Jakarta ini sudah tidak asing lagi. Baca hasil wawancara kami beberapa waktu lalu dengan atlit Crossfit Games ini.

Jebolan universitas AS ini sudah bisa ditemukan di GYM favoritnya saat matahari baru bersinar

Bagaimana awal mulanya gaya hidup sehat menjadi bagian dari hidup kamu?

Sebenarnya sudah sedari dulu, karena sejak kecil saya sudah aktif sebagai seorang balerina, bermain olahraga lainnya sampai lulus SMA, namun semenjak saya hijrah ke USC, California saya agak terbawa euforia untuk mengeksplorasi budaya dan kuliner disana sehingga gaya hidup aktif pun mengalami masa hiatus. Titik balik baru saya rasakan saat kembali ke tanah air dan kebetulan teman ada yang mengajak saya ke salah satu pusat CrossFit di Jakarta, dan di kali pertama itu juga saya sudah jatuh hati dengan olahraga ini.

Lewat wawancara ini, kamu bisa tahu kalau dunia training dan fitness sudah mendarah daging di kehidupan Vanessa

Vanessa mempertunjukkan beberapa jenis latihan di sela-sela wawancara

Fun fact

Walaupun tubuhnya tergolong mungil, wanita pecinta Mie Ayam ini mampu melakukan dead lift sampai seberat 95KG, menurut situs Crossfit Games, tak heran Nike menjadikannya trainer untuk Niket+ Training Club di Indonesia.

Kadang sesi latihan bisa dimulai semenjak matahari baru terbit

Apa pendapat Vanessa tentang perkembangan gaya hidup sehat di Jakarta?

Fitness dan wellness memang belum menjadi budaya yang mengakar di tanah air namun saya sangat optimis dan melihat perkembangan positif dengan mulai menjamurnya beragam studio olahraga, penyaji makan-makanan sehat, dan kampanye pemasaran yang mengangkat tema fitness sebagai bagian penting dari kehidupan kita. Jadi kita mengarah ke arah yang semakin positif dalam hal ini.

Ada stigma atau pandangan yang menganggap gaya hidup sehat itu mahal? Apa pendapatmu?

Tidak ada argumen terkait itu, karena tubuh sama seperti pada investasi umumnya, perlu ada dana yang digelontorkan, misalnya untuk membeli jus-jus organik atau bergabung ke GYM. Kita hanya memiliki satu tubuh dan apabila pada akhirnya harus terkena beragam penyakit karena tidak ada upaya untuk menjaganya, kita tidak bisa menyalahkan siapa-siapa selain diri kita sendiri.

Jangan remehkan fisiknya yang mungil, Vanessa adalah penggiat berat Olympic Weightlifting

Walaupun Vanessa terlihat selalu positif dan bersemangat, pastinya ada fase off day, Apa kiat mengatasinya?

Untungnya saya memiliki teman-teman yang menjadi support system yang dapat diandalkan. Misalnya, saat saya tidak bersemangat dan harus berlatih di pagi-pagi buta, merekalah yang membangunkan saya untuk bergegas ke tempat latihan. Jadi support system yang baik adalah hal terpenting yang menjadi penyemangat saya di kala sedang kurang termotivasi.

Jadi coach atau foodpreneur?

Wah…... ini adalah hal yang sangat sulit bagi saya untuk memilih, di satu sisi bereksperimen dengan makanan dan menganalisa nutrisi merupakan hal yang saya gemari, namun ada satu little moment yang saat ini membuat saya condong memilih coaching diatas profesi foodpreneur. Those little moment is disaat seorang klien mendadak riang bukan main dan segera menelpon Ibunya hanya karena setelah 30 tahun masa hidupnya, baru bisa menyentuh jempol kakinya setelah beberapa sesi latihan bersama saya, so I live for that little moment.

Selalu menjalani latihan yang berat bukan berarti membuat penampilan Vanessa tidak stylish

Final question, apa satu hal tentang kamu yang tidak banyak orang ketahui?

Well, dalam diri saya sebenarnya ada sisi insecure yang jarang terdeteksi orang lain, tetapi karena tampilan profesional saya yang ceria, optimistik, dan penuh energi, hampir tidak ada orang di sekitar saya yang sadar, but aren’t we all? :)

#InConversationWith merupakan hasil kolaborasi antara Wearinasia dengan Alphabet Company simak juga versi video dari konten berikut, dibawah ini!

  • SHARE ON
Leave A Comment

    Kemudahan Berbelanja

    Freeshipping

    Gratis ongkos kirim untuk nilai transaksi lebih dari Rp 500.000,00 - Berlaku untuk daerah Jabodetabek

    Cicilan 0%

    Kemudahan melakukan transaksi dengan cicilan 0% dari berbagai macam bank dan perusahan finansial lainnya

    100K Voucher

    Dapatkan potongan sejumlah Rp 100.000,00 untuk transaksi pertama, dengan daftar menjadi member kami.