11.11 Weekend Promo, disc up to 30% OFF VIEW PROMO
THE JOURNAL

Kiat Panjat Tebing Bagi Anda yang Takut Jatuh

Kiat Panjat Tebing Bagi Anda yang Takut Jatuh
  • SHARE
THE JOURNAL

Kiat Panjat Tebing Bagi Anda yang Takut Jatuh

  • SHARE

Words & Photo by : | May 20, 2017

Saat memanjat tebing, justru yang lebih ditakuti adalah kemungkinan jatuh dibanding menghadapi ketinggian yang mencengangkan. Tips-tips ini diharapkan membuat Anda lebih yakin.

Layaknya kehidupan, segala sesuatu pasti memiliki risikonya. Memanjat tebing pun tak luput dari risiko tersebut. Dalam panjat tebing, ada beberapa tips yang dapat dipahami di awal agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Bagi pemanjat yang baru mencoba atau yang memang telah berpengalaman, berikut kiat-kiat memanjat tebing yang diilhami dari thoughtco.com yang dapat dijadikan referensi.

Berkenalan dengan peralatan panjat tebing Anda. Image by rockthem.com

Berkenalan dengan peralatan panjat tebing Anda. Image by rockthem.com

Sistem keamanan memastikan Anda lebih terlindungi. Karena itu, ada baiknya Anda mempelajari dulu sistem keamanan terlebih dahulu sebelum memanjat tebing. Caranya? Sederhananya, pahamilah bagaimana membuat simpul yang benar-benar kencang untuk mengikat tubuh Anda. Lalu, lakukanlah belay atau kaitkan tali ke tebing atau objek lain agar membuatnya benar-benar aman. Berlatihlah memanjat di pusat memanjat indoor sebelum menghadapi alam terbuka.

Sudah? Tunggu, belum selesai! Mengingat panjat tebing adalah kegiatan tim alias dilakukan oleh Anda dan setidaknya seorang rekan lain (sesama pemanjat atau instruktur), coba lakukanlah safety check (mengecek lagi tali, misalnya) untuk Anda dan rekan. Jangan khawatir. Menurut artikel thoughtco.com, tali untuk memanjat bisa menahan beban hingga 3 ton. (Anda tak bakal seberat itu, bukan?)

Mentalitas positif adalah sesuatu yang penting untuk panjat tebing. Image by theuiaa.org

Mentalitas positif adalah sesuatu yang penting untuk panjat tebing. Image by theuiaa.org

Ketika memanjat tebing, ada kemungkinan Anda akan tergelincir. Tidak disarankan buat Anda untuk memanjat menyamai atau di atas kemampuan. Bila Anda pemula, yang pasti Anda tak akan benar-benar terjatuh di tanah selama menggunakan peralatan panjat tebing yang tepat. Paling mungkin, sih, Anda akan terlepas dari tebing dan seolah melayang di udara. Namun Anda akan tetap aman. Latihlah fisik dan usahakan tetap tenang. Jangan panik.

Yakinilah kalau memanjat tebing memang menyeramkan. 'Percayalah' dengan peralatan memanjat tebing, tali, serta rekan pendakian Anda.

Jangan berpikir "Apa yang akan terjadi jika saya jatuh?", namun ubahlah pola pikir seperti "Saya akan memanjat dan beristirahat di satu titik di awas saja."

*) Featured image by theuiaa.org

  • SHARE ON
Leave A Comment

    Kemudahan Berbelanja

    Freeshipping

    Gratis ongkos kirim untuk nilai transaksi lebih dari Rp 500.000,00 - Berlaku untuk daerah Jabodetabek

    Cicilan 0%

    Kemudahan melakukan transaksi dengan cicilan 0% dari berbagai macam bank dan perusahan finansial lainnya

    100K Voucher

    Dapatkan potongan sejumlah Rp 100.000,00 untuk transaksi pertama, dengan daftar menjadi member kami.