Clearance Sale , up to 50% off SHOP NOW
THE JOURNAL

Menguak Keindahan Arsitektur Korea Utara ala Film Karya Wes Anderson

Menguak Keindahan Arsitektur Korea Utara ala Film Karya Wes Anderson
  • SHARE
THE JOURNAL

Menguak Keindahan Arsitektur Korea Utara ala Film Karya Wes Anderson

  • SHARE

Words & Photo by : | August 7, 2017

Film-film garapan sutradara Wes Anderson memang terkenal dengan sinematografinya yang mempesona. Gaya arsitektur interior di Korea Utara ini diam-diam punya estetika visual yang serupa.

Film-film garapan sutradara Wes Anderson memang terkenal dengan estetika visualnya yang mempesona. Perpaduan warna dan simetri yang apik tentunya merupakan sebuah suguhan nikmat tersendiri bagi setiap mata yang menyaksikan. Namun, siapa sangka kalau kombinasi serupa bisa ditemukan di negara setertutup Korea Utara?

 

north-korean-interiors-oliver-wainwright-09Koryo Hotel, Pyongyang. Foto oleh Oliver Wainwright.

 

Korea Utara seringkali diidentikkan dengan paham Juche dan persenjataan nuklirnya yang membuat bulu kuduk merinding. Namun diam-diam, ibu kota Kerajaan Pertapa ini justru menyimpan keindahan arsitektur yang tak jauh berbeda dari set film karya Wes Anderson. Perabotan khas Soviet yang ditata dengan sentuhan warna-warni pastel dan gaya kitsch a la 80an menghadirkan kesan manis bak mimpi yang sedap dipandang. Di samping itu, komposisi jepretan karya fotografer Oliver Wainwright pun turut menambah nilai keelokan interior ruangan di kota Pyongyang yang rupanya tak semonoton yang banyak orang kira.

 

151202102202-north-korean-interiors-wes-anderson-oliver-wainwright-1-super-169Stadium Hari Buruh Rungrado, Pyongyang. Foto oleh Oliver Wainwright.

"Perabotan khas Soviet yang ditata dengan sentuhan warna-warni pastel dan gaya kitsch a la 80an menghadirkan kesan manis bak mimpi yang sedap dipandang."

Seperti dilansir dari Huffington Post, Wainwright menjelaskan bahwa simetri adalah salah satu prinsip utama dari teori arsitektur Juche yang dilatarbelakangi oleh ideologi politik Korea Utara yang sama. Seolah-olah didesain khusus untuk diabadikan dalam foto, berbagai komponen interior ruangan di kota Pyongyang dirancang dengan sedemikian rupa untuk membangkitkan rasa kagum dan hormat pengunjungnya kepada para pemimpin negeri. Oleh sebab itu, tak ayal jika gaya arsitektur ini tampak menawan dan artifisial di saat yang bersamaan.

 

Oliver-Wainwright-Grand-People’s-Study-House-Pyongyang-1982Grand People's Study House, Pyongyang. Foto oleh Oliver Wainwright.

"Oleh sebab itu, tak ayal jika gaya arsitektur ini tampak menawan dan artifisial di saat yang bersamaan."

Layaknya etalase toko, Korea Utara memanfaatkan arsitektur sebagai alat untuk memamerkan keagungan dan kekuasaan para pemimpinnya. Seluruh elemen seperti patung maupun lukisan wajib ditata secara rapi, teliti, dan hati-hati. "Ini adalah tempat di mana Anda bisa memotret dari berbagai sudut, dan hasilnya akan tetap menakjubkan," ucap Wainwright, seperti dikutip dari wired.com.

*) Featured image by Oliver Wainwright.

  • SHARE ON
Leave A Comment

    Kemudahan Berbelanja

    Freeshipping

    Gratis ongkos kirim untuk nilai transaksi lebih dari Rp 500.000,00 - Berlaku untuk daerah Jabodetabek

    Cicilan 0%

    Kemudahan melakukan transaksi dengan cicilan 0% dari berbagai macam bank dan perusahan finansial lainnya

    100K Voucher

    Dapatkan potongan sejumlah Rp 100.000,00 untuk transaksi pertama, dengan daftar menjadi member kami.