Clearance Sale , up to 50% off SHOP NOW
THE JOURNAL

Metode KonMari: Solusi Packing Hemat Ruang nan Praktis

Metode KonMari: Solusi Packing Hemat Ruang nan Praktis
  • SHARE
THE JOURNAL

Metode KonMari: Solusi Packing Hemat Ruang nan Praktis

  • SHARE

Words & Photo by : | August 21, 2017

Liburan memang mengasyikkan, namun mengemas koper tak jarang jadi kebalikannya. Untungnya, ada metode KonMari yang kini bisa Anda jadikan sebagai alternatif solusi mengemas koper yang efektif dan efisien.

Liburan memang mengasyikkan, namun mengemas koper tak jarang jadi kebalikannya. Kadang, perencanaan paling panjang dan mendetil sekalipun tetap tidak mampu menyingkirkan risiko-risiko yang paling ditakuti selama berekreasi: antara ketinggalan barang penting, atau justru overpacking. Akibatnya, liburan yang sewajarnya disambut dengan hangat malah terpaksa dibuka dengan sejentik perasaan gelisah.

 

Untungnya, ada metode KonMari yang kini bisa Anda jadikan sebagai alternatif solusi packing yang efektif dan efisien.

 

img201509_11

Image by gov-online.go.jp

 

KonMari adalah sebuah metode decluttering (atau istilahnya, beres-beres) karya Marie Kondo, seorang konsultan kerapian dan penulis buku asal Jepang. Buku-buku tulisannya jelas tak jauh dari topik kerapian dan pengorganisasian barang yang akhirnya melahirkan teknik berberes nan minimalis tersebut. Satu rumus utama yang patut diingat selama Anda menjalankan metode ini adalah: simpan barang-barang yang Anda sukai dan membuat Anda merasa bahagia. Sisanya? Singkirkan!

 

Metode berberes ini memang biasanya diterapkan untuk merapikan rumah, namun teknik yang sama pun dapat diaplikasikan untuk mengemas koper. Konsepnya yang sederhana dan mudah diterapkan membuat metode ini pas sekali bagi Anda yang sering tak punya banyak waktu untuk packing.

 

Lantas, bagaimana caranya mengemas koper menggunakan teknik KonMari?

 

Perlu atau tidak?

 

Items in suitcase on bed.

Image by Huffington Post

 

Sortir setiap barang yang Anda akan bawa dan pertimbangkanlah apabila Anda akan memerlukannya selama berlibur.

Singkirkan barang-barang yang mengundang jawaban tidak, atau bahkan jawaban-jawaban mengambang seperti, "Bingung, sih, tapi nanti juga pasti saya pakai/gunakan!" Keraguan yang muncul biasanya menandakan bahwa Anda memang tidak memerlukan barang-barang tersebut.

 

Lipat/gulunglah pakaian Anda menggunakan metode KonMari.

Marie Kondo memiliki teknik khasnya sendiri untuk melipat dan merapikan berbagai jenis pakaian. Teknik ini konon dinilai lebih rapi dan efektif dibanding teknik melipat konvensional yang seringkali justru meninggalkan lebih banyak kerutan pada pakaian Anda.

 


 

Dengan menerapkan teknik melipat a la metode KonMari seperti yang ditunjukkan pada video di atas, Anda dapat menyimpan lebih banyak pakaian untuk dibawa serta saat berlibur. Seandainya Anda hanya ingin membawa sedikit pakaian pun, metode ini memperkenankan Anda untuk menyisakan area luas untuk menyimpan barang-barang bawaan lainnya.

 

Susunlah tiap barang bawaan Anda dalam kotak penyimpanan.

 

packing-_tips_2

Image by thegirlandglobe.com

 

Layaknya isi kotak bento yang tersusun rapi, isi koper pun harus ditata secara teratur. Oleh sebab itu, kategorikan dan susunlah setiap barang yang Anda bawa dalam koper sesuai dengan kegunaannya masing-masing dalam packing cubes terpisah. Misalnya, Anda dapat meletakkan seluruh pakaian bawaan Anda ke dalam satu packing cube atau lebih, sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda. Hal yang sama juga patut Anda terapkan pada kategori barang lain, seperti misalnya aksesoris atau peralatan mandi. Setelah itu, tatalah setiap packing cubes yang telah Anda siapkan secara rapi ke dalam koper.

 

Metode ini memang bersifat opsional—Anda dapat melewatkannya apabila Anda merasa bahwa isi koper Anda sudah cukup rapi. Namun, sekalipun terkesan lebih rumit dan memakan waktu, teknik ini tentu amat berguna untuk memudahkan Anda menata dan membongkar isi koper dengan mudah.

 

Tulis dan simpanlah catatan berisi daftar barang bawaan Anda.

 

Mid adult woman, writing to do list

Image by Huffington Post

 

Dengan mencatat dan menyimpan daftar barang bawaan Anda, Anda dapat mengecek kembali dan memastikan bahwa segala barang yang Anda perlukan berada dalam koper, entah saat mengemas atau membongkar bagasi.

 

*) Featured image by Shutterstock

  • SHARE ON
Leave A Comment

    Kemudahan Berbelanja

    Freeshipping

    Gratis ongkos kirim untuk nilai transaksi lebih dari Rp 500.000,00 - Berlaku untuk daerah Jabodetabek

    Cicilan 0%

    Kemudahan melakukan transaksi dengan cicilan 0% dari berbagai macam bank dan perusahan finansial lainnya

    100K Voucher

    Dapatkan potongan sejumlah Rp 100.000,00 untuk transaksi pertama, dengan daftar menjadi member kami.