Clearance Sale , up to 50% off SHOP NOW
THE JOURNAL

Pyongyang Marathon: Beradu Lari di Ibu Kota Korea Utara

Pyongyang Marathon: Beradu Lari di Ibu Kota Korea Utara
  • SHARE
THE JOURNAL

Pyongyang Marathon: Beradu Lari di Ibu Kota Korea Utara

  • SHARE

Words & Photo by : | April 7, 2017

Berencana mengikuti marathon yang lain dari yang lain? Acara lari akbar Korea Utara mengundang para pelari dunia untuk segera bertemu di lintasan lari.

Acara lari Korea Utara, Pyongyang Marathon atau Mangyongdae Prize International Marathon, dibuka untuk para pelari amatir internasional sejak dekade 2010-an. Wearinasians yang tertarik bergabung dapat mencoba lari 10k, setengah marathon, atau bahkan marathon penuh. Untuk tahun 2017, acara diadakan tanggal 9 April.

Pyongyang Marathon diakui sepenuhnya oleh asosiasi dunia International Association of Athletics Federation. Namun yang perlu diperhatikan: setiap peserta yang berminat ikut serta tidak diperkenankan langsung terbang ke Pyongyang, ibu kota Korea Utara. Para pelari harus memasuki Korea Utara sebagai bagian dari grup tur. Salah satu perusahaan travel yang kerap mengadakan program marathon tersebut adalah Koryo Tours, perusahaan yang bertempat di Beijing yang telah membawa para pelancong ke Korea Utara sejak 1993.

Bersiap di Pyongyang Marathon 2015. Image by youngpioneertours.com

Bersiap di Pyongyang Marathon. Image by youngpioneertours.com

Berlari keliling di Pyongyang akan membawa Anda mengitari pusat kota, melewati berbagai gedung ikonik, monumen, dan jalanan sebelum melewati pedesaan tepat di luar pusat Pyongyang. Nantinya Anda akan kembali lagi ke kota lewat jalur yang sama. Untuk marathon tahun ini, acara bermula dan berakhir di Kim Il Sung Square, semacam Gelora Bung Karno-nya Korea Utara. Penontonnya? Lima puluh ribu orang Korea Utara! Marathon semakin seru karena Anda berkesempatan berlari dengan sesama peserta mancanegara dan atlet-atlet Korea Utara.

Kim Il Sung Stadium. Image by Wikimedia Commons

Kim Il Sung Stadium. Image by Wikimedia Commons

Setiap acara lari dalam marathon dibatasi tenggat waktu: lari 10k dalam dua jam, setengah marathon dua setengah jam, dan marathon empat setengah jam. Seluruh peserta wajib menghadiri upacara pembukaan dengan mengitari Kim Il Sung Stadium sebanyak satu putaran sebelum "dilepas" ke kota.

Setelah kompetisi lari berakhir, tiga besar dari setiap kategori yang diperlombakan akan berdiri di podium untuk serah terima hadiah dan medali.

Medali peserta Pyongyang Marathon. Image by thepyongyangmarathon.com

Medali peserta Pyongyang Marathon. Image by thepyongyangmarathon.com

Tertarik untuk ikut yang tahun 2018 punya? Pyongyang Marathon 2018 telah dikonfirmasi oleh para penyelenggara akan diadakan pada 8 April tahun depan, jadi segera tandai kalendar Wearinasians.

*) Featured image by Wikipedia

  • SHARE ON
Leave A Comment

    Kemudahan Berbelanja

    Freeshipping

    Gratis ongkos kirim untuk nilai transaksi lebih dari Rp 500.000,00 - Berlaku untuk daerah Jabodetabek

    Cicilan 0%

    Kemudahan melakukan transaksi dengan cicilan 0% dari berbagai macam bank dan perusahan finansial lainnya

    100K Voucher

    Dapatkan potongan sejumlah Rp 100.000,00 untuk transaksi pertama, dengan daftar menjadi member kami.