11.11 Weekend Promo, disc up to 30% OFF VIEW PROMO
THE JOURNAL

REVIEW: Beoplay H5, Wireless Earphones dengan Desain dan Kualitas Suara Jempolan

REVIEW: Beoplay H5, Wireless Earphones dengan Desain dan Kualitas Suara Jempolan
  • SHARE
THE JOURNAL

REVIEW: Beoplay H5, Wireless Earphones dengan Desain dan Kualitas Suara Jempolan

  • SHARE

Words & Photo by : | November 23, 2017

Sebagai wireless in-ear earphones pertama keluaran Beoplay, H5 diklaim sebagai produk ideal bagi para pecinta musik yang aktif dan dinamis. Namun, apakah earphones ini dapat betul-betul memenuhi klaim tersebut?

Tak mau ketinggalan dengan teknologi nirkabel yang semakin marak dewasa ini, Beoplay H5 pun hadir sebagai angin segar di dunia industri musik. Sebagai in-ear earphones pertama keluaran Beoplay yang mengusung fitur wireless, H5 diklaim sebagai produk berkualitas tinggi yang ideal bagi para pecinta musik yang aktif dan dinamis.

 

Namun, apakah earphones ini dapat memenuhi klaimnya? Simak ulasan berikut untuk jawabannya!

 

Beoplay H5

Penampilan

Dari segi penampilan, wireless earphones yang hadir dalam berbagai pilihan warna (Black, Moss Green, Charcoal Sand, Vapor) ini jelas jauh dari istilah murahan. Jika disentuh, kabelnya yang berbalut bahan tekstil serupa tali sepatu terasa kokoh dalam genggaman.

 

Beoplay H5

 

 

Selain itu, walau earpiecenya dibuat menggunakan bahan plastik, polesan karetnya membuat Beoplay H5 tetap memiliki kesan mewah yang lekat. Terdapat juga magnet di setiap earpiece yang dapat disambungkan satu sama lain, sehingga earphones ini pun bisa Anda jadikan sebagai kalung saat sedang tidak digunakan. Keren!

 

 

Beoplay H5 buttons

 

 

Sayangnya, ketiga tombol yang tertanam dalam kabel earphones ini agak sulit digunakan akibat bentuknya yang persis antara satu sama lain (tidak dilengkapi dengan penanda khusus yang dapat diraba, misalnya + untuk membesarkan volume atau - untuk mengecilkan). Hal ini tentu akan merepotkan bila earphones sedang digunakan kala Anda sibuk beraktivitas.

 

Beoplay H5 earpiece

 

 

Selain itu, Beoplay H5 juga agak mudah lepas dari telinga sekalipun Anda telah menyesuaikan ukuran earphones dengan telinga Anda. Maka itu, terlepas dari klaimnya, Beoplay H5 agak kurang ideal untuk digunakan sambil berolahraga seperti jogging atau berlari.

 

Performa

Dari segi suara, mutu Beoplay H5 memang tidak perlu diragukan. Berbekal kualitas suara khas Bang & Olufsen yang dikenal bersih dan penuh energi, earphones yang dibanderol dengan harga Rp3.999.000,00 ini mampu mereproduksi suara secara jernih dengan detail yang presisi dan nyata.

 

Beoplay H5 mampu menghasilkan suara bass yang tetap bertenaga, namun tidak berlebihan. Hanya saja, untuk bagian midrange dan treble, suara yang dihasilkan bisa jadi terlalu renyah dan tajam bagi segelintir orang. Meski begitu, tenang saja—masalah ini bisa diatasi secara mudah dan praktis menggunakan equalizer khusus dari aplikasi Beoplay yang dapat diunduh secara cuma-cuma untuk pengguna Android maupun iOS.

 

Beoplay application

Image by Mac Rumors
 

 

Dalam aplikasi Beoplay, terdapat berbagai opsi pengaturan yang bisa Anda sesuaikan dengan kegiatan sehari-hari, seperti saat Anda sedang bepergian (Commute) atau berolahraga (Workout). Equalizernya pun sangat simpel dan mudah digunakan—cukup swipe dan sesuaikan karakter suara (warm, relaxed, bright, dan excited) dengan selera pribadi Anda.

 

Beoplay H5 juga cukup mudah digunakan. Cukup sambungkan earphones dengan perangkat ponsel/laptop Anda melalui bluetooth yang dapat dinyalakan dengan menekan tombol tengah selama lima detik, dan—tada! Anda dapat memutar musik di mana saja dan kapan saja.

 

Kelengkapan

Wireless earphones ini dilengkapi dengan cable clips dan sejumlah pilihan eartips silikon maupun Comply™ Foam Tips dalam berbagai ukuran yang dapat disesuaikan dengan ukuran telinga dan aktivitas Anda.

 

Beoplay H5 eartips

 

Kerennya lagi, earphones ini dilengkapi dengan dock charger berbentuk kubus yang dapat diplug secara praktis dengan earphones menggunakan sambungan magnetik.

 

Sayangnya, charger khusus ini juga punya satu kelemahan yang lumayan disayangkan. Karena baterai Beoplay H5 tidak bisa diisi ulang menggunakan charger lain, Anda harus betul-betul menjaga charger kubus ini agar tidak hilang, kecuali jika Anda rela merogoh kocek untuk membeli pengganti barunya.

 

Beoplay H5 dock charger

 

Baterai

Earphones ini diklaim dapat bertahan hingga 5 jam dengan penggunaan kontinyu dalam volume suara standar. Daya baterai Beoplay H5 memang terhitung agak lemah, terutama jika dibandingkan dengan kompetitornya seperti Jaybird X2 yang dapat bertahan hingga delapan jam dalam sekali isi ulang baterai.

 

Kesimpulan

Meski dibanderol dengan harga yang lumayan selangit (Rp3.999.000,00), Beoplay H5 tetap bisa dijadikan sebagai pilihan bagi Anda yang mendambakan desain dan kualitas suara premium dengan penggunaan yang praktis.

 

Hanya saja, terlepas dari klaimnya, earphones ini agak kurang pas untuk dikenakan saat berolahraga. Selain itu, daya tahan baterainya yang diklaim dapat bertahan hingga 5 jam juga sangat bergantung pada penggunaan sehari-hari Anda. Semakin sering dan semakin besar volume suara yang digunakan, maka semakin cepat juga baterai habis.

 

 

 

 

 

  • SHARE ON
Leave A Comment

    Kemudahan Berbelanja

    Freeshipping

    Gratis ongkos kirim untuk nilai transaksi lebih dari Rp 500.000,00 - Berlaku untuk daerah Jabodetabek

    Cicilan 0%

    Kemudahan melakukan transaksi dengan cicilan 0% dari berbagai macam bank dan perusahan finansial lainnya

    100K Voucher

    Dapatkan potongan sejumlah Rp 100.000,00 untuk transaksi pertama, dengan daftar menjadi member kami.