Get your travel essential, disc up to 50% off : SHOP NOW
THE JOURNAL

REVIEW DJI Spark: Apakah Antar Harga dan Spesifikasi Setimpal?

REVIEW DJI Spark: Apakah Antar Harga dan Spesifikasi Setimpal?
  • SHARE
THE JOURNAL

REVIEW DJI Spark: Apakah Antar Harga dan Spesifikasi Setimpal?

  • SHARE

Words by : Andrew Jason | Photos by : | July 26, 2017

Review DJI Spark, yang mencoba menjawab apakah dari segi spesifikasi yang ditawarkan setimpal dengan harga jual yang ditawarkan.

Oke saat DJI Mavic rilis tahun lalu, kami sekantor merasa inilah drone terkecil paling revolusioner yang akan pernah DJI keluarkan. Namun siapa yang sangka, setelah tak lama meliput perilisan drone mini Dobby Zerotech di Mall Taman Anggrek di awal kuarter tahun ini, DJI kembali memberikan kejutan dengan merilis DJI Spark. Sesuai arti harafiahnya dalam bahasa Inggris yakni "Percikan", DJI spark merupakan produk menarik nan mentereng yang membuat sebagian para pecinta drone ingin menerbangkannya.

Salah satu konsumen Wearinasia, bahkan mengontak kami minta bantuan untuk jual DJI Mavic Pro seken miliknya dengan intensi untuk membeli Spark apabila terjual. Karena setelah beberapa bulan beliau merasa banyak batasan saat ingin menerbangkannya, baik dari segi ukuran maupun regulasi (terlebih di negara maju yang lebih ketat dalam menggalakan peraturan menerbangkan drone).

REVIEW UKURAN DJI SPARK

Saat saya review DJI Spark, dari segi tas jinjing (apabila membeli paket combo, tas ini sudah termasuk), sebenarnya tas DJI Mavic dan DJI Spark tidak jauh berbeda, tengok saja video review DJI Spark yang diunggah Casey Neistat. Boleh dibilang tidak ada beda sama sekali bukan? Namun argumen ukuran baru akan logis apabila aircraft dibandingkan secara head to head.

size DJI Spark

Ukurannya sangat mungil!

"Namun argumen ukuran baru akan logis apabila aircraft dibandingkan secara head to head."

Selanjutnya remot kontrol, well sama sekali tidak ada perbedaan, bedanya remot kontrol DJI Mavic memiliki layar LED yang berfungsi untuk memberikan data-data telemetri (tidak krusial) sedangkan DJI Spark, tampil minimalis dan lebih enteng tanpa layar (baca: murah :) ).

REVIEW DJI SPARK DARI SEGI HASIL GAMBAR

Oke, semenjak Wearinasia menjual DJI Phantom 3 di tahun 2015, berdasarkan pengalaman saya pribadi, kata bagus dalam hal menilai kualitas kamera dan video dari suatu drone sangatlah subjektif dan variable acuannya akan berbeda-beda berdasarkan masing-masing pengalaman pengguna drone.

Misalnya saja, bagi saya, tangkapan berkualitas 4K dari DJI Mavic Pro sudah cukup bagus, namun bagi teman saya yang sudah menjadi langganan pilot drone di acara-acara wisata di TV Nasional, hasil tangkapan 4K dari DJI Mavic masih kurang layak tampil.

REVIEW HARGA DJI SPARK

Harga DJI Spark dibanderol sekitar 7jutaan, menurut saya kurang adil bila, Anda membandingkan DJI Spark dengan DJI Mavic yang notabene harganya sudah melambung sampai Rp14jutaan lebih, karena ibarat mobil, DJI Spark adalah mobil LCGC sedangkan DJI Mavic, mobil city car. Akan lebih adil apabila harga DJI Spark dibandingkan dengan Zerotech Dobby, karena keduanya menghuni kategori yang boleh dibilang sama, yakni drone saku atau mini.

"ibarat mobil, DJI Spark adalah mobil LCGC sedangkan DJI Mavic, movil city car"

Semoga review singkat DJI Spark ini dapat memberi pencerahan bagi Anda yang baru pertama kali ingin menjelajah langit menggunakan drone.

  • SHARE ON
Leave A Comment

    Kemudahan Berbelanja

    Freeshipping

    Gratis ongkos kirim untuk nilai transaksi lebih dari Rp 500.000,00 - Berlaku untuk daerah Jabodetabek

    Cicilan 0%

    Kemudahan melakukan transaksi dengan cicilan 0% dari berbagai macam bank dan perusahan finansial lainnya

    100K Voucher

    Dapatkan potongan sejumlah Rp 100.000,00 untuk transaksi pertama, dengan daftar menjadi member kami.