Clearance Sale , up to 50% off SHOP NOW
THE JOURNAL

Salinas de Maras, Terasering Tambak Garam ala Peru

Salinas de Maras, Terasering Tambak Garam ala Peru
  • SHARE
THE JOURNAL

Salinas de Maras, Terasering Tambak Garam ala Peru

  • SHARE

Words & Photo by : | August 22, 2017

Terasering ala Peru yang penuh oleh tambang garam alih-alih hijaunya sawah ini menyajikan pemandangan istimewa yang wajib Anda kunjungi saat melancong ke negeri sejuta misteri tersebut.

Terasering nyatanya tak selalu diwarnai oleh hijaunya sawah. Sengkedan ala Peru yang justru dipenuhi oleh tambang garam ini menyajikan pemandangan istimewa yang wajib Anda kunjungi saat melancong ke negeri sejuta misteri tersebut.

Salinas de Maras adalah sebuah tambang garam yang terletak di tengah-tengah lembah Urubamba, 46 kilometer dari Cusco, Peru. Tambang garam berbentuk terasering ini menampung sekitar 3000 kolam garam yang telah dibudidayakan sejak zaman pra-Inca. Kini, kolam-kolam garam di Salinas de Maras diolah dan dilestarikan oleh para penduduk setempat.

Sekalipun terlihat berbeda dari biasanya, tambang garam ini tetap melakukan produksi garam dengan metode tradisional: evaporasi. Mata air Qoripujio yang kaya dengan unsur-unsur seperti kalsium, magnesium, silikon, dan potassium dibiarkan mengalir ke dalam kolam-kolam dangkal berukuran 5m2 yang tersusun dalam terasering, menciptakan semburat warna-warna muted yang tampak cantik.

Saluran mata air tersebut dapat dibuka dan dibendung secara manual, disesuaikan dengan kapasitas penampungan masing-masing kolam. Setelah kolam-kolam garam terisi penuh, air yang ditampung maka dibiarkan menguap hingga menyisakan hanya kristal garam di dalamnya. Endapan kristal garam kemudian dikais, dikemas, dan dijual di pasaran.

Letaknya yang kurang strategis memang membuat Salinas de Maras agak-agak sulit ditembus oleh para wisatawan. Untuk menyaksikan keindahan kolam garam berbentuk sengkedan ini, diperlukan nyali yang cukup besar untuk terlebih dahulu melintasi jurang-jurang curam di sepanjang lembah Urumbamba. Namun, tenang saja—perjuangan yang harus ditempuh berbanding lurus dengan pemandangan spektakuler yang dapat Anda saksikan, kok. Buktinya? Intip saja foto-foto berikut!

Salinas-de-Maras-15

 

Salinas-de-Maras-11

 

Salinas-de-Maras-3

 

Salinas-de-Maras-10

*) All images and featured image by theslowwander.com

  • SHARE ON
Leave A Comment

    Kemudahan Berbelanja

    Freeshipping

    Gratis ongkos kirim untuk nilai transaksi lebih dari Rp 500.000,00 - Berlaku untuk daerah Jabodetabek

    Cicilan 0%

    Kemudahan melakukan transaksi dengan cicilan 0% dari berbagai macam bank dan perusahan finansial lainnya

    100K Voucher

    Dapatkan potongan sejumlah Rp 100.000,00 untuk transaksi pertama, dengan daftar menjadi member kami.