Clearance Sale , up to 50% off SHOP NOW
THE JOURNAL

Tips Singkat Menaklukkan Gunung Everest yang Agung

Tips Singkat Menaklukkan Gunung Everest yang Agung
  • SHARE
THE JOURNAL

Tips Singkat Menaklukkan Gunung Everest yang Agung

  • SHARE

Words & Photo by : | May 6, 2017

Jika Wearinasians bermimpi dapat menaklukkan Everest, mulailah dari Tibet. Itulah rahasia pertamanya. Lalu, pastikan fisik benar-benar siap dan strategi benar-benar matang.

Pertanyaannya sekarang: Mengapa mulai dari Tibet? Menurut situs agen perjalanan tibettravel.org, terdapat tiga alasan Anda sebaiknya memulai pendakian dari Tiongkok. Pertama, Tibet lebih cocok bagi Anda yang baru pertama kali mendaki Tibet, mengingat pemerintah Tiongkok telah menyiapkan panduan tentang Everest. Kedua, iklim di Tibet dinilai lebih baik dan dapat terbilang friendly. Ketiga adalah kemudahan aksesnya, sebab pemerintah Tiongkok telah menyelesaikan jalanan beraspal dari Lhasa langsung ke Everest Base Camp.

Everest yang agung. Image by tibetsongtsantravel.com

Everest yang agung. Image by tibetsongtsantravel.com

Lobsang Tsering, penulis panduan di situs tibettravel.com dengan lebih dari tujuh tahun pengalaman memandu pelancong di Tibet, menekankan bahwa dokumen perjalanan menjadi sesuatu yang penting. Mengingat bagian utara Everest merupakan bagian teritori Tiongkok, Anda perlu memperoleh Tibet Travel Permit atau izin perjalanan ke daerah Tibet. Tak lupa juga Aliens' Travel Permit, izin pendakian, serta visa memasuki Tiongkok pun dibutuhkan. Pelancong internasional diwajibkan mengunjungi Tibet dengan agen perjalanan dan tak diizinkan memasuki Tibet maupun mendaki Everest sendirian.

Everest Base Camp di ketinggian 5.300 meter. Image by triphackr.com

Everest Base Camp di ketinggian 5.300 meter. Image by triphackr.com

Ketahanan fisik harus dibentuk pula. Tak asal melatih, namun sebisa mungkin fisik terkondisikan dengan keadaan nyata di Tibet. Tibet terletak di elevasi benar-benar tinggi, maka latihan di dataran rendah harus disesuaikan.

Caranya? Dengan membawa beban sekitar 25 sampai 30 kilogram secara rutin sewaktu latihan kardiovaskular, walaupun pada akhirnya mendaki Everest tidak perlu menenteng bobot seberat itu. Latihan-latihan yang harus dilakukan berurutan yakni segala sesuatu yang bersifat 'mendaki' (berjalan di tanjakan atau menaiki tangga), latihan kekuatan bagian tubuh bawah, serta latihan aerobik maupun anaerobik tanpa dan dengan beban. Berlatihlah selama satu tahun dengan rutin. Tingkatkan waktu mendaki, elevasi, dan jarak tempuh secara berkala.

Mendekati puncak Everest... Image by adventurepeaks.com

Mendekati puncak Everest... Image by adventurepeaks.com

Waktu pendakian juga menjadi salah satu bagian perencanaan yang seharusnya diatur dengan matang. Meski suhu di puncak Everest tidak pernah sampai mendekati kata beku, temperatur di bulan Januari saja misalnya menyentuh angka -60 derajat Celcius. Membayangkannya saja menyeramkan bagi yang terbiasa dengan iklim subtropis. Karena itu, Lobsang Tsering pun menyarankan sebaiknya memulai pendakian di musim semi (April-Mei) atau gugur (September-Oktober).

Tips-tips di atas terkesan berat, namun bukankah reward-nya berbuah manis ketika Wearinasians tiba di lokasi nantinya?

*) Featured image by tibetsongtsantravel.com

  • SHARE ON
Leave A Comment

    Kemudahan Berbelanja

    Freeshipping

    Gratis ongkos kirim untuk nilai transaksi lebih dari Rp 500.000,00 - Berlaku untuk daerah Jabodetabek

    Cicilan 0%

    Kemudahan melakukan transaksi dengan cicilan 0% dari berbagai macam bank dan perusahan finansial lainnya

    100K Voucher

    Dapatkan potongan sejumlah Rp 100.000,00 untuk transaksi pertama, dengan daftar menjadi member kami.