Categories
Active Lifestyle Tips/Ideas/Update Bike Run

Mengenal Heart Rate, Apa itu ECG/EKG

Elektrokardiogram (EKG) adalah Alat Sederhana yang Mendeteksi Masalah Jantung Elektrokardiogram, sering disingkat sebagai EKG, merupakan tes umum yang digunakan untuk merekam sinyal listrik dalam jantung. Tes ini adalah cara cepat dan tanpa rasa sakit untuk mendeteksi masalah jantung dan memantau kesehatan jantung.

Biasanya, EKG dilakukan di dokter, klinik, atau rumah sakit. Mesin EKG juga menjadi peralatan standar di ruang operasi dan ambulans. Beberapa perangkat pribadi, seperti jam tangan pintar, kini juga menawarkan pemantauan EKG. Kamu dapat menanyakan kepada penyedia layanan kesehatan apakah ini merupakan opsi yang sesuai untukmu.

Elektrokardiogram adalah cara tanpa rasa sakit dan non-invasif untuk membantu mendiagnosis banyak masalah jantung umum. Dokter bisa menggunakan EKG untuk menentukan atau mendeteksi:

  • Ritme jantung yang tidak teratur (aritmia)
  • Apakah arteri jantung yang tersumbat atau menyempit (penyakit arteri koroner) menyebabkan nyeri dada atau serangan jantung
  • Apakah kamu pernah mengalami serangan jantung sebelumnya
  • Seberapa baik pengobatan penyakit jantung tertentu, seperti pacemaker, berfungsi

American Heart Association (AHA) tidak merekomendasikan penggunaan EKG untuk menilai orang dewasa dengan risiko rendah yang tidak memiliki gejala. Namun, jika ada riwayat penyakit jantung dalam keluarga, penyedia layanan kesehatan mungkin akan menyarankan EKG sebagai tes skrining, meskipun kamu tidak memiliki gejala.

Jika gejala cenderung datang dan pergi, mungkin mereka tidak akan terdeteksi selama perekaman EKG standar. Oleh karena itu, penyedia layanan kesehatan mungkin akan merekomendasikan pemantauan EKG jarak jauh atau terus menerus. Ada beberapa jenis pemantauan ini:

  • Monitor Holter. Monitor Holter adalah perangkat kecil yang bisa dipakai dan merekam EKG terus menerus, biasanya selama 24 hingga 48 jam.
  • Event monitor. Perangkat portabel ini mirip dengan monitor Holter, tetapi merekam hanya pada waktu-waktu tertentu selama beberapa menit. Kamu dapat menggunakannya lebih lama daripada monitor Holter, biasanya hingga 30 hari. Biasanya, kamu menekan tombol saat merasakan gejala. Beberapa perangkat secara otomatis merekam saat ritme yang tidak teratur terdeteksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.